Kamis, 14 November 2013

Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan



Berpelukan biasanya dilakukan sebagai salah satu ekspresi ungkapan rasa saying, bahagia atau bisa juga karena sedang sedih.
Selain itu, berpelukan ternyata juga bisa bermanfaat juga untuk kesehatan. Seperti yang dikutip dari Examiner, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat dari berpelukan, di antaranya:

Mengurangi stres
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa berpelukan bisa membuat kita jadi lebih bahagia. Penyebabnya adalah karena meningkatkan hormon oksitosin, hormon yang memicu respon intim. Oksitosin bisa membuat kita jadi lebih tenang dan mengurangi rasa cemas.
Memeluk ternyata juga bisa bantu memproduksi hormon serotonin dan dopanin. Kedua hormon tersebut bisa membuat kita merasa senang dan mengangkat suasana hati. Hubungan kita dan pasangan akan jadi lebih romantis, yang pada akhirnya berdampak positif pada kesehatan secara keseluruhan.

Baik untuk sebuah hubungan

Mengurangi resiko terkena serangan jantung
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpelukan bisa menurunkan tekanan darah tinggi yang akhirnya bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, mulailah untuk membiasakan diri untuk memeluk orang yang kita sayangi, terutama bagi untuk yang memiliki kondisi jantung lemah atau tekanan darah tinggi.



Referensi:
www.manfaatnya.com/manfaat-berpelukan-untuk-kesehatan/

1 komentar: