Sabtu, 09 November 2013

Manfaatnya Menarik Nafas dalam-dalam untuk Kesehatan


Menarik nafas dalam-dalam atau menarik nafas yang panjang hingga Anda merasa ada udara melewati hidung melalui perut hingga keluar lewat mulut mempunyai banyak sekali manfaat, misalnya saja untuk menurunkan emosi. Sayangnya, karena bernafas cenderung dianggap sebagai sebuah refleks menyebabkan aktivitas menghirup napas secara dalam sering dilupakan.

Bisa meredam stres
Bernafas secara dalam bisa membantu mengurangi stres saat Anda sedang merasa tertekan. Cara bernafas seperti ini akan membuat tubuh mengirimkan sinyal untuk memperlambat reaksi di otak, sehingga ada perubahan hormonal dan faktor-faktor fisiologis lain. Akibatnya adalah memperlambat denyut jantung serta menurunkan tekanan darah yang tinggi saat sedang stres.

Menurunkan amarah
Ambil nafas secara dalam saat Anda mulai merasa emosi sedang meninggi. Saat marah, tubuh akan merasa tertekan, dengan bernapas secara dalam bisa menurunkan emosi dan tekanan yang muncul.

Mencegah makan berlebihan
Agar tidak makan berlebihan ketika stres, Anda bisa mengatasinya dengan latihan pernapasan. Ketika nafsu makan muncul saat stres, ambil nafas secara perlahan dan singkirkan makanan dari pikiran dan fokuslah untuk relaksasi.

Memperlambat denyut jantung
Jantung akan berdetak kencang saat kita sedang emosi. Saat emosi sedang memuncak, cobalah untuk menarik nafas secara dalam. Ambil napas dalam-dalam dengan benar, lakukanlah sebanyak tiga kali. Detak jantuk dan tekanan darah pun akan menurun.

Menurunkan tekanan darah
Bernafas secara dalam akan merangsang munculnya oksida nitrat alami yang berfungsi membuat seseorang jadi lebih tenang. Zat tersebut akan memasuki paru-paru bahkan pusat otak, sehingga tekanan darah yang dalam keadaan tinggi bisa menurun.

Membantu mengurangi rasa sakit
Dengan menarik napas dalam-dalam, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon endorfin adalah sejenis zat yang memberikan rasa nyaman dan juga merupakan pereda rasa sakit alami. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa menarik napas dalam-dalam memberikan manfaat bagi penderita asma.

Mengurangi rasa gugup
Terkadang rasa gugup bisa membuat seseorang sulit untuk berbicara. Saat hal tersebut terjadi pada Anda, cobalah untuk menutup mata sambil menarik napas dengan dalam selama satu atau dua menit.

Meningkatkan fungsi paru-paru
Pernafasan dada yang pendek tidak menyediakan oksigen yang cukup dalam darah, yang berarti bahwa kurang pula oksigen yang tersedia untuk jaringan dan organ tubuh. Hal ini karena ketika orang menarik nafas cepat dan dangkal, paru-paru tidak cukup mengembang untuk memungkinkan transfer maksimum oksigen ke dalam darah.


Referensi:
http://www.manfaatnya.com/manfaatnya-menarik-nafas-dalam-dalam-untuk-kesehatan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar