Pengertian
Pasar dan Pemasaran
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem,
institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual
barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan
jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat.
Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang
memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat
penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin
melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki
pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar
bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai
komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan. Beberapa
contoh termasuk pasar petani lokal yang diadakan di alun-alun kota atau tempat
parkir, pusat perbelanjaan dan pusat perbelanjaan, mata uang internasional dan
pasar komoditas, hukum menciptakan pasar seperti untuk izin polusi, dan pasar
ilegal seperti pasar untuk obat-obatan terlarang.
Dalam ilmu ekonomi mainstream, konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi. Pertukaran barang atau jasa untuk uang adalah transaksi. Pasar peserta terdiri dari semua pembeli dan penjual yang baik yang memengaruhi harga nya. Pengaruh ini merupakan studi utama ekonomi dan telah melahirkan beberapa teori dan model tentang kekuatan pasar dasar penawaran dan permintaan. Ada dua peran di pasar, pembeli dan penjual. Pasar memfasilitasi perdagangan dan memungkinkan distribusi dan alokasi sumber daya dalam masyarakat. Pasar mengizinkan semua item yang diperdagangkan untuk dievaluasi dan harga. Sebuah pasar muncul lebih atau kurang spontan atau sengaja dibangun oleh interaksi manusia untuk memungkinkan pertukaran hak (kepemilikan) jasa dan barang.
Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.
Dalam ilmu ekonomi mainstream, konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi. Pertukaran barang atau jasa untuk uang adalah transaksi. Pasar peserta terdiri dari semua pembeli dan penjual yang baik yang memengaruhi harga nya. Pengaruh ini merupakan studi utama ekonomi dan telah melahirkan beberapa teori dan model tentang kekuatan pasar dasar penawaran dan permintaan. Ada dua peran di pasar, pembeli dan penjual. Pasar memfasilitasi perdagangan dan memungkinkan distribusi dan alokasi sumber daya dalam masyarakat. Pasar mengizinkan semua item yang diperdagangkan untuk dievaluasi dan harga. Sebuah pasar muncul lebih atau kurang spontan atau sengaja dibangun oleh interaksi manusia untuk memungkinkan pertukaran hak (kepemilikan) jasa dan barang.
Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.
Jenis-jenis Pasar
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari
bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak
nyata(abstrak). Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
Pasar Nyata
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa
pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar
sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi.
Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan
menjadi:
-Pasar Lokal
-Pasar Daerah
-Pasar Nasional dan
-Pasar Internasional
-Pasar Lokal
-Pasar Daerah
-Pasar Nasional dan
-Pasar Internasional
Konsep-Konsep Inti Pemasaran
Konsep inti pemasaran dipercaya oleh perusahaan sebagai
dasar dari setiap kgiatannya untuk melayani konsumen yaitu sebaga berikut
:
1) Konsep Produksi
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada proses
produksi (internal) banwa konsumen hanya akan membeli produk-produk murah.
Dengan demikian fokus kegiatan perusahaan yang harus dilakukan adalah efesiensi
biaya (produksi san distribusi) agar dapat menjual barang dengan murah kepada
konsumen.
2) Konsep Produk
Adalah anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki
produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan menarik. Dengan demikian
tujuan bisnis perusahaan adalah pengendalian kualitas.
3) Konsep Penjualan
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepaada
tingkat penjualan (internal) bahwa konsumen perli dipengaruhi agar penjualan
dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebaga tujuan perusahaan.
4) Konsep Pemasaran
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada
pelanggan (eksternal) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk
yang mamou memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan.
5) Konsep Pemasaran Yang
Memasyarakat (sosial)
Adalah anggapan bahwa konsumen hanya bersedia membeli
produk-[roduk yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan
sosial konsumen. Tujuan kegiatan peusahaan adalah disamping beusaha memenuhi
kebutuhan masyarakat juga memperbaiki relasi antara produsen dan masyarakat
untuk peningkatan kesejahteraan.
Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya,
untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba.
Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan,
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan
menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai
tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Keadaan permintaan tergantung denga pasar yanh disediakan apabila
pasar yang disdiakan diminati oleh konsumen pasti akan aku dan sebaliknya.
Tugas Pasar yaitu:
· Memproduksi
· Memasarkan
· Menjual
Falsafah Terdapat 5 falsafah/pedoman yang dapat digunakan oleh
perusahaan untuk menjalankan aktivitas pemasaran, yaitu:
·
Production Concept
Konsumen lebih menyukai produk yang tersedia secara luas dan murah
harganya
·
Product Concept
Konsumen menyukai produk produk yang menawarkan kualitas, dan
kinerja terbaik, serta fitur fitur yang inovatif
·
Selling Concept
Konsumen dan pebisnis hanya akan membeli produk yang melakukan
usaha usaha pemasaran yang aktif. Konsumen tidak akan membeli jika tidak ada
usaha pemasaran yang gencar
·
Marketing Concept
Kunci pencapaian sasaran organisasi adalah seberapa efektif suatu
perusahaan dalam menciptakan, menyampaikan, dan mengkomunikasikan nilai
pelanggan yang lebih superior kepada target pasarnya disbanding dengan
pesaingnya
Bauran
Pemasaran
Bauran pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran
yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai
tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.
Keempat bauran pemasaran tersebut secara singkat dijelaskan
sebagai berikut:
1) Product
(produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk
dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product
variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services,
warranties, and returns.
2)
Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau
mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance,
payment period, credit terms, and retail price.
3) Place
(tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang
dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi
antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and
transport.
4)
Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk
mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel
promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public
relation, and direct marketing.
Variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi
pemasaran (Koter, 1997:604):
a)
Advertising, yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide,
barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b)
Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba
atau pembelian produk dan jasa.
c)
Public relations and publicity, yaitu berbagai program yang
dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk
individual yang dihasilkan.
d)
Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau
lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
e)
Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara
langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat
dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal
lain.
Tujuan
sistem pemasaran
Sistem adalah sekolompok item atau bagian-bagia yang saling
berhubungan dan saling berkaitan secara tetap dalam membentuk satu kesatuan
terpadu. Jadi dapat diartikan sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga
yang melakukan tugas pemasaran barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor
lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi
hubungan perusahaan dengan pasarnya..
Ada empat alternatif dari sistem pemasaran yaitu :
1) Memaksimumkan Konsumsi Pekerjaan
pemasaran adalah memudahkan dan
2) merangsang konsumsi maksimum,
akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan
3) kemakmurkan maksimum
Memaksimumkan Kepuasan konsumen
4) Tujuan sistem pemasaran lain
adalah memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi.
Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah ; belum adanya tolak
ukur kepuasan dari produk pada individu, kepuasan dari produk atau jasa yang
baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan, kepuasan yg diterima
sesorang tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
Memaksimumkan Mutu Hidup
Pendekatan
dalam mempelajari pemasaran
1)
Pendekatan Seba Fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu :
pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan,
penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar.
2)
Pendekatan Serba Lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam
pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang, dll.
3)
Pendekatan Serba barang (Pendekatan OrganisasiIndustri)
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen
akhir atau konsumen industri.
4)
Pendekatan Serba Manajemen
Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan
yang diambil.
Referensi :
Budiarto,teguh, dasar pemasaran,seri diktat kuliah,1993
Nama :
Nadira Widya Wijaya
NPM :
25211073
Kelas :
1EB08
Tidak ada komentar:
Posting Komentar